Jobdesk Checker Gudang, Tugas dan Tanggung Jawab


Pengertian Checker

Checker adalah bagian yang berada hampir di setiap divisi, terutama di dunia manufaktur. Kata Checker ini sendiri berasal dari Bahasa Inggris, Check yang artinya Memeriksa atau Mengecek. Checker ini posisinya juga beragam, ada Cheker Produksi, Checker Warehouse (Gudang), Checker QC, dan lain-lain. Untuk kali ini yang kan kita bahas adalah Jobdesk seorang Checker Gudang, lengkap dengan tugas dan tanggung jawabnya. 

Sebagaimana kita tahu, keakuratan data di lapangan sangat berpengaruh pada keakuratan data di komputer. jika terjadi selisih, maka tentunya akan terjadi banyak sekali kesalahan, baik yang dilakukan oleh checker di lapangan, maupun yang dilakukan oleh admin sebagai data entry. Untuk itu, tugas seorang checker yang paling utama adalah melakukan pengecekan secara mendetail terhadap barang-barang yang ada di gudang. Dalam ranah apapun, mau itu otomotif, textile, retail, dan lain-lain, keberadaan seorang checker sangat dibutuhkan.

A. Tugas Checker Gudang

1. Melakukan Pengecekan

Dalam proses produksi di suatu perusahaan, tentunya setiap bagian memiliki peranan masing-masing, bagi seorang checker gudang, yang perlu dipahami dengan baik adalah jalur masuk dan keluarnya barang. Dalam hal ini, ada tiga jalur utama masuk dan keluarnya barang dari dan ke gudang yang menjadi tanggung jawab seorang checker gudang.

a. Barang Unloading (Barang dari vendor yang baru saja di bongkar)
Untuk barang unloading ini, artinya perusahaan memesan suatu barang dari tempat lain baik lokal maupun impor, dan pada saat barang ini datang, seorang checker diharusnya mengecek kembali jumlah barang dan kualitasnya secara teliti. Seelah dihitung secara teliti, kemudian seorang checker membuat laporan penerimaan dan melakukan pengkodean. Pengkodean ini bisa diartikan bermacam-macam, sesuai dengan bidang usahanya, tapi biasanya menggunakan Nomor ID per barang. Jadi jika ada seribu barang, maka ID yang diberikan untuk barang tersebut biasanya sesuai dengan tanggal,
misal,
tanggal 27 Februari 2017, ada barang yang datang sebanya 1000 pcs. maka setiap pcs kemungkinan akan diberi ID 270220170001, 270220170002, 270220170003, 270220170004, ......270220171000. ID ini biasanya berupa kertas sticker yang telah dicetak sebelumnya dan ditempelkan pada masing-masing pcs yang datang. Untuk penggunaan nomor ini tidak selalu sama, terkadang setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam memberi nomor dan atau melakukan pengkodean. Nah nomor-nomor ini kemudian di Input oleh staff accounting gudang ke database di komputer.

b. Barang Storage (Barang yang sudah disimpan di gudang untuk kepentingan produksi)
Untuk barang storage, tentunya dalah barang yang telah selesai di unloading dan masuk ke penyimpanan di gudang. Jadi tiap tiap barang sudah disimpan dan sudah diberikan Nomor ID seperti telah disebutkan di atas.
Sebelum memberikan barang ke produksi, pastikan orang produksi (operator/orang yang bertanggung jawab untuk pemesanan barang ke gudang) telah mengisi Form permintaan barang di gudang dan telah ditandatangani.  Jadi seorang checker akan mengambil barang sesuai dengan permintaan tersebut. Sebelum diberikan ke orang produksi tersebut, ingatlah untuk menulis semua nomor ID yang telah ditempelkan di tiap bok dan nomor ID tersebut. Nomor ID yang keluar tersebut kemudian akan menjadi bahan laporan anda kepada accounting gudang sebagai nomor nomor yang telah keluar dari gudang dan akan dihapus dari database komputer. Nah dibagian inilah sering terjadi kesalahan hingga menyebabkan terjadinya selisih atau perbedaan jumlah antara stok di gudang dengan stok di komputer. Jika tidak berhati-hati, akan sangat menyulitkan anda jika dilakukan stock opname nantinya.

c. Barang Return (Barang yang sudah diberikan ke produksi tapi dikembalikan ke gudang)
Barang return adalah barang yang sudah diberikan ke produksi tapi kemudian dikembalikan ke gudang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya,
a. Proses produksi telah berhenti
b. ada kerusakan pada material barang tersebut
c. kesalahan dalam permintaan (salah memesan barang)
Tida kesalahan ini sebenarnya masih bisa ditolerir, tapi yang pasti jangan lupa untuk membuat laporan dan memberikan nomor ID baru terhadap barang yang dikembalikan tersebut, karena nomor ID lama brang tersebut telah dihapus dari database di komputer. Pastikan pula untuk memberikan laporan tersebut ke accouting gudang dan harus segera di input ke database.

2. Menjaga Kualitas

Selain mengecek barang, seorang checker gudang juga bertugas untuk menjaga kualitas barang tetap bagus baik dari segi packaging dan atau isinya. Hal ini dikarenakan terkadang pihak produksi tidak mau mengambil barang yang telah rusak, dan tentunya ini akan menjadi masalah bagi anda jika terdapat barang rusak yang ditolak oleh pihak produksi. 

3. Membuat Laporan

Setelah semua agenda kerja dan permintaan produksi telah terpenuhi, biasanya seorang checker gudang diwajibkan membuat laporan sebelum pulang atau sebelum pergantian shift. Laporan ini yang akan dijadikan acuan oleh accounting gudang dalam memasukkan data ke komputer dan juga oleh shift selanjutnya yang akan meneruskan kinerja anda. Jadi hasus ekstra teliti dalam membuat laporan, jangan sampai salah. Jika ada barang yang telah habis, tapi masih diminta oleh pihak produksi, maka sebaiknya dituliskan pula dalam laporan ini. Selain itu anda juga harus berkoordinasi dengan atasa anda untuk menjaga keseimbangan storage barang di gudang, jangan sampai terlalu penuh, dan jangan sampai sulit untuk mengambil barang. Selanjutnya manajemen penyimpanan ini disebut FIFO, FEFO, dan LIFO, dan lain-lain.

B. Tanggung Jawab Checker Gudang

Dari Tugas tugas yang telah disebutkan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa tanggung jawab seorang Checker Gudang adalah ;
1. Menjaga kuantitas dan kualitas barang di gudang
2. Menjaga hubungan baik dengan pihak produksi demi kondusifitas kerja
3. Menjaga agar barang di Gudang tidak hilang
4. Memastikan barang yang dipesan selalu siap untuk dberikan.

C. Kualifikasi Checker Gudang

Dikarenakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, biasanya seorang yang memiliki ketelitian luar biasa menjadi kandidat yang paling cocok untuk posisi ini. Selain itu, biasanya kandidat yang dicari adalah kandidat yang memiliki tanggung jawab yang besar karena menjadi seorang checker gudang terkadang terlihat sangat santai. Apalagi dengan supervisi yang sangat minim. Dalam hal ini yang pasti harus dilakukan adalah insisiatif yang tinggi dalam menjalankan tugas. Untuk kriteria pengalaman biasanya yang berpengalaman akan lebih dipertimbangkan dibanding yang tidak berpengalaman untuk mengisi posisi ini. Karenanya terkadang strata pendidikan tidak terlalu diperhatikan, pendidikan minimal bagi seorang checker biasanya SMA atau SMK. Tapi D3 dan S1 dengan pengalaman lebih diutamakan. 

Itulah sebagian dari tugas dan tanggung jawab seorang checker gudang yang mungkin anda butuhkan sebelum memasuki dunia kerja. Semoga bermanfaat

Baca juga

Post a Comment

(Contoh) Slot Iklan