Jobdesk Accounting & Tax Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Accounting & Tax Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

A. Pengertian Accounting & Tax Manager

Di dalam perusahaan apapun, divisi akunting memiliki peranan yang sangat penting. Tak heran jika divisi satu ini senantiasa di prioritaskan. Bahkan ada banyak perusahaan yang sampai merekrut jasa konsultan untuk membereskan masalah di bagian satu ini. Ada banyak posisi di dalam divisi akunting. Salah satu yang memiliki peran paling krusial adalah Accounting & Tax Manager yang memimpin keseluruhan divisi akunting dan pajak. Bila diartikan secara harfiah, posisi accounting & tax manager bisa diartikan sebagai posisi atau seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan pengembangan yang berkaitan dengan penghitungan keuangan dan pajak perusahaan.

B. Tugas Accounting & Tax Manager

Sebagai seorang accounting & tax manager, ada banyak sekali tugas tugas yang harus dilakukan oleh posisi ini. Akan tetapi berikut ini telah kami rangkum beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang manajer akunting dan pajak.

1. Mempersiapkan Laporan Bulanan dan Tahunan

Hal pertama yang menjadi tugas dari seorang accounting & tax manager adalah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam proses pemuatan laporan bulanan dan tahunan yang menjadi tugasnya. Hal ini harus dilakukan secara maksimal supaya tidak terjadi kendala dalam proses pembuatan laporan keuangan dan pajak nantinya. Hal ini juga harus dilakukan pada saat persiapan pembuatan mothly report dan annual report.

2. Mempersiapkan Daily Budget

Selanjutnya seorang accounting & tax manager juga memiliki kewajiban untuk mempersiapkan proses pembuatan daily report. Secara teknis mungkin tugas ini dikerjakan oleh para staff yang berada di bawahnya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika seorang Manajer akunting dan pajak akan turun tangan langsung ke dalamnya. 

3. Melakukan validasi transaksi keuangan dan pajak.

Jika proses pembuatan laporan sudah sedang dilaksanakan, seorang Manager memiliki tugas untuk melakukan validasi atas data data pendukung laporan akuntansi yang sedang dibuat. Validasi ini dilakukan untuk melihat apakah laporan yang dibuat sesuai dengan faktanya, atau mungkin ada dugaan penggelembungan dana yang merugikan perusahaan, atau hal hal lain yang tidak sesuai dengan aturan dan kebijakan perusahaan.

4. Mengaplikasikan peraturan perpajakan dan keuangan pada perusahaan

Setiap perusahaan memiliki aturan akuntansi dan perpajakan masing masing. Tentunya setelah aturan perusahaan tersebut di rekonsiliasikan dengan aturan pajak dari pemerintah. Seorang Accounting & Tax Manager memiliki tugas untuk menerapkan aturan mengenai perpajakan dan akuntansi ini di perusahaan tempat dia bekerja.

5. Memantau sistem akuntasi dan perpajakan perusahaan secara internal.

Selain tugas di atas, seorang accounting & tax manager juga memiliki tugas untuk memantau sistem akuntansi dan perpajakan di perusahaan. Setiap kebijakan dan aturan yang sudah diterapkan oleh menajemen harus diterapkan dengan baik supaya bisa menghasilkan laporan keuagan yang valid, maksimal dan bisa dipertanggungjawabkan.

6. Mengelola dan Memproses data data keuangan dan pajak perusahaan menjadi sebuah laporan.

Tugas selanjutnya dari seorang manager akunting dan pajak adalah melakukan pengelolaan dan memproses data data keuangan yang sudah dikumpulkan menjadi sebuah laporan akunting dan pajak yang baik.

7. Memahami prosedur pelaporan OJK (Perusahaan Finansial)

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan seperti misalnya Finance atau Asuransi, seorang accounting & tax manager memiliki tugas untuk melakukan pelaporan kepada Otoritas Jasa Keuangan sebagai bentuk koordinasi yang baik.

C. Tanggung Jawab Accounting & Tax Manager

Dari tugas tugas seorang manajer akunting dan pajak di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau seseorang dengan posisi seperti ini memiliki tanggung jawab sebagai berikut ;

1. Memastikan ketersediaan laporan keuangan dan pajak bulanan serta tahunan.
2. Memastikan ketersediaan daily budget
3. Memastikan validitas transaksi keuangan dan pajak perusahaan.
4. Memastikan diaplikasikannya peraturan perpajakan dan keuangan pada perusahaan
5. Memastikan terpantaunya sistem akuntansi dan perpajakan dari perusahaan.
6. Memastikan pengelolaan data data keuangan terlaksana dengan baik.
7. Memastikan prosedur pelaporan OJK terlaksana dengan baik.

D. Kualifikasi Accounting & Tax Manager

Supaya bisa melaksanakan tugas tugasnya dengan baik, seorang accounting & tax manager diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut ;

1. Pendidikan minimal S1 Akuntansi dari universitas dengan reputasi yang baik
2. Memiliki pengalaman di bidang akuntansi dan pajak minimal 5 tahun.
3. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan berbagai software akuntansi perusahaan.
4. Menguasai prosedur laporan keuangan dan pajak.
5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
6. Memiliki sertifikat Brevet A & B
7. Mampu bekerja di bawah tekanan.
8. Bisa mengambil keputusan dengan baik.
9. Memiliki jiwa kepemimpinan.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami paparkan mengenai apa saja yang berkaitan dengan jobdesk, tugas dan tanggung jawab dari seorang Accounting & Tax Manager. Jika artikel ini bermanfaat silakan di share. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

Baca juga

Post a Comment

(Contoh) Slot Iklan