Jobdesk Accounting and Tax Consultant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk Accounting and Tax Consultant Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

Accounting merupakan salah satu divisi yang memegang peranan besar dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan. Karenanya tak heran jika kemudian setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk memaksimalkan bagian satu ini. Bahkan tak jarang sebuah perusahaan menggunakan jasa konsultan demi memastikan kalau laporan keuangan perusahaan mereka benar benar terlaksana dengan baik. Hal ini pula yang memicu kemunculan jasa konsultan accounting di era modern ini.

Pada Konsultan accounting seperti ini, posisi yang paling krusial tentunya adalah Accounting and Tax Consultant Manager atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut Manajer Konsultan Akuntansi dan Pajak. Posisi satu ini merupakan penentu kesuksesan sebuah perusahaan konsultan akuntansi di mata klien mereka. Bagi anda yang memiliki intensi untuk mengisi posisi satu ini, akan sangat baik jika anda memahami tugas dan tanggung jawab posisi satu ini terlebih dahulu.

A. Pengertian Accounting and Tax Consultant Manager

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai jobdesk, tugas dan tanggung jawab dan accounting dan tax consultant manager ini, akan lebih baik jika anda memahami pengertian dari posisi satu ini terlebih dahulu. Pertama, perlu anda tahu kalau nama jabatan satu ini berasal dari Bahasa Inggris, Accounting yang berarti akunting, tax yang berarti pajak, consultant yang berarti konsultan, dan terakhir manager.

Jika diartikan secara harfiah, posisi ini bisa diartikan 

"Manager konsultan yang bertugas untuk mengawasi dan memastikan kalau proses akunting dan pajak yang ada di perusahaan klien berjalan dengan sukses."

Mengapa klien? Hal ini dikarenakan manajer bukan berasal dari perusahaan melainkan dari konsultan. Jadi misalkan PT ABCD mengalami kendala dalam proses akuntasi dan pajak perusahaan, mereka kemudian menyewa jasa konsultan. Konsultan tersebut kemudian menempatkan seorang manajer lengkap dengan staffnya. Mereka bertugas memperbaiki laporan keuangan dari PT ABCD Tersebut. Jadi ada perbedaan yang besar antara Accounting and Tax Consultant Manager dengan Accounting and Tax Manager.

B. Tugas Accounting And Tax Consultant Manager

Tugas yang harus diemban oleh seorang Accounting and Tax Consultant Manager sebenarnya sangat luas. Akan tetapi jika kita menelaah lebih jauh, sebenarnya hanya ada tiga tugas atau peran utama yang harus dimainkan oleh posisi satu ini selama project berlangsung.

1. Sebagai Penanggung Jawab Proyek

Sebagai penanggung jawab dari proyek yang sedang ditangani, seorang manajer konsultan diwajibkan mengatur semua tugas yang ada di proyek dan melaksanakannya sesuai dengan standar perusahaan yang telah ditetapkan. Tentu saja tugas tugas ini adalah tugas tugas yang berkaitan dengan progres pembuatan laporan keuangan dari perusahaan yang menjadi klien secara menyeluruh. Pihak konsultan tidak akan pernah memberikan ruang untuk kesalahan. Jadi pastikan anda melakukannya dengan teliti dan hati hati. 

Anda juga bertugas untuk melakukan semua proyek dalam tenggang waktu yang sesuai dengan perjanjian antara konsultan dengan klien. Jangan sampai proyek yang anda tangani sebagai manajer konsultan meleset jauh dari estimasi waktu yang dijanjikan. Jadi pastikan anda melakukan segala sesuatunya dengan baik dan terukur. Dibutuhkan konsolidasi yang matang antara anda sebagai konsultan dan pihak akunting dari perusahaan supaya bisa menghasilkan laporan keuangan dan pajak yang benar benar valid serta bisa dipertanggungjawabkan.

2. Sebagai Koordinator

Tugas Accounting and Tax Consultant Manager selanjutnya adalah berperan sebagai koordinator dalam proyek yang berlangsung. Sebagai seorang koordinator, sudah tentu anda harus melakukan pembagian tugas secara detail terhadap para staff yang ada di bawah naungan anda. Tidak hanya melakukan pembagian tugas saja, and ajuga harus memastikan kalau tugas tugas yang dilakukan oleh bawahan anda dilaksanakan dengan baik sesuai SOP perusahaan.

Sambil melakukan konsolidasi terhadap bawahan anda, anda juga memiliki tugas untuk melakukan pengembangan skill terhadap para bawahan anda tersebut. Pengembangan skill yang dilakukan sambila melakukan pekerjaan ini sudah tentu akan membuat kredibilitas perusahaan konsultan tempat anda bekerja jadi meningkat. Lebih jauh, hal ini juga akan memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan.

3. Sebagai Bagian Dari Manajemen Konsultan

Terakhir, anda juga memiliki tugas sebagai manajemen. Disini anda harus memastikan kalau anda memelihara portofolio bisnis dari perusahaan tempat anda bekerja secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas dari perusahaan jasa konsultan tempat ada bekerja. Tentunya hal ini juga bertujuan supaya anda bisa menjalin kerjasama lebih lanjut dengan klien perusahaan dan bisa mendatangkan profit yang lebih besar bagi perusahaan tempat anda bekerja.

C. Tanggung Jawab Accounting And Tax Consultant Manager

Melihat dari tugas tugasnya di atas, tanggung jawab Accounting And Tax Consultan Manager bisa dipetakan sebagai berikut ;

1. Memastikan kelancaran proses pembuatan laporan keuangan dari perusahaan klien berjalan dengan lancar.
2. Memastikan pembagian tugas pembuatan laporan keuangan berjalan sesuai planning.
3. Memastikan pelaksanaan pembuatan laporan keuangan dilaksanakan sesuai dengan target.
4. Memastikan konsolidasi dengan bawahan terlaksana dengan baik selama proyek berlangsung.
5. Memastikan pengembangan skill dari bawahan terlaksana dengan baik.
6. Memastikan nama baik perusahaan terjaga dengan baik di mata klien.

D. Kualifikasi Accounting And Tax Consultant Manager

Dikutip dari berbagai sumber, sudah tentu ada banyak kualifikasi yang harus dipenuhi oleh calon Accounting And Tax Consultant Manager ini. berikut ini paparannya.

1. Persyaratan Umum

- Berusia Maksimal 45 Tahun
- Pendidikan Minimal S1 atau S2 jurusan Akuntansi, banking, Finance, Tax, Sederajat
- Memiliki Pengalaman sekurang kurangnya 3 tahun di posisi yang setingkat

2. Skill

- Memiliki CPA Sertifikat
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik
- Memiliki pengalaman dalam mengoperasikan Aplikasi Akuntansi
- Memiliki pengalaman dalam mengoperasikan Aplikasi ESPT
- Mampu mengoperasikan komputer dengan baik.

3. Sertifikasi

- Memiliki CPA Sertifikat
- Memiliki TAX License A, B, C for Proxy Letter
- Sertifikat lain yang relevan

4. Persyaratan Khusus

- Mampu bekerja dibawah tekanan dan deadline
- Kemampuan interpersonal yang bagus
- Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus
- Memiliki kemampuan presentasi yang bagus
- Berpengalaman di firma akunting lebih dipertimbangkan

Itulah jobdesk accounting and tax consultant manager beserta tugas dan tanggung jawabnya secara umum. Jika artikel ini bermanfaat, silakan di share. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Salam sukses

Baca juga

Post a Comment

(Contoh) Slot Iklan