Jobdesk Office Boy di Perusahaan, Tugas dan Tanggung Jawab

Jobdesk, Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy di Perusahaan

Office Boy merupakan salah satu posisi yang banyak diincar. Bukan tanpa alasan, posisi satu ini memang terbilang sangat fleksibel dan jauh dari tanggung jawab yang besar. Tugas office boy ini seringkali dianggap mudah oleh sebagian orang. Padahal pada dasarnya, setiap posisi di perusahaan memiliki peran masing-masing untuk kemajuan perusahaan tersebut. Sudah pasti office boy ini salah satu diantaranya.

Bagi anda yang hendak melamar posisi satu ini, akan jauh lebih baik jika anda memahami tugas dan tanggung jawabnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda bisa lebih maksimal dalam bekerja sehingga bisa memenuhi ekspektasi perusahaan.

A. Pengertian Office Boy

Hal pertama yang harus anda pahami adalah pengertian Office Boy itu sendiri. Perlu diketahui, Office Boy ini berasal dari bahasa Inggris. Office memiliki arti kantor sedangkan Boy ini sendiri bisa diartikan sebagai Pemuda atau Laki-laki. Secara harfiah, office boy bisa diartikan sebagai pria yang memenuhi segala kebutuhan di dalam kantor.

Seperti diketahui, ada banyak sekali kebutuhan yang diperlukan oleh para pegawai yang ada di dalam sebuah kantor. Entah itu makanan, kebersihan, dukungan dokumen, dan berbagai bantuan lain di dalamnya. Sebagai Office Boy, anda berperan serta dalam membantu pemenuhan kebutuhan tersebut. Hanya saja seringkali office boy diperbantukan pada pekerjaan yang bersifat non administratif.

B. Posisi Office Boy di Perusahaan

DI dalam perusahaan, Office boy ini berada di bawah Departemen GA atau General Affair. Sebenarnya tugas office boy ini berbeda dengan cleaning service. Hanya saja banyak perusahaan saat ini yang menempatkan posisi Office Boy sebagai Cleaning Service. 

Office Boy biasanya dipimpin oleh seorang Kordinator Office Boy. Korrdinator ini kemudian bertanggung jawab terhadap staff GA yang memiliki hierarki di atasnya. Di dalam perusahaan, hierarki Office Boy ini bisa dibilang paling bawah. Hanya saja mereka tetap memiliki peran yang signifikan di dalam perusahaan.

Office Boy ini bisa dikatakan sebagai asisten dadakan bagi para staff perusahaan saat mereka sedang tergulung oleh pekerjaan. Karenanya office boy yang memiliki pengalaman dan skill di atas rata-rata lebih dipertimbangkan dalam perusahaan apapun.

C. Tugas Office Boy

Ada beberapa tugas utama yang dilakukan oleh seorang office boy dalam kesehariannya. Agar lebih memudahkan anda dalam memahaminya, kami membagi tugas office boy ini ke dalam beberapa bagian. Diantaranya adalah tugas harian, tugas mingguan atau bulanan, dan tugas tambahan. Langsung saja simak paparannya di bawah ini.

1. Tugas Harian Office Boy

Tugas office boy yang pertama adalah membersihkan komputer, kursi, meja beserta perlengkapan kantor lainnya. Biasanya hal ini dimulai pada awal kerja di pagi hari sebelum para pegawai berdatangan.

Setelahnya, pekerjaan dilanjutkan dengan membersihkan lantai atau karpet. Perangkat yang digunakan biasanya adalah vacuum cleaner. Setelah dipastikan ruangan kerja bersih, seringkali para office boy ini menyiapkan minuman untuk para pegawai.

Setelah jam kerja dimulai, seringkali office boy juga diminta untuk mengantarkan atau menduplikasi dokumen dengan fotocopy. Tapi hal ini bersifat situasional dan tidak rutin. Hanya jika diminta saja. Hal ini berlangsung hingga siang hari dan jam istirahat.

Pada jam istirahat, office boy juga harus bersedia jika diminta untuk membelikan makanan dan minuman karyawan. Tenang saja karena biasanya karyawan yang baik akan memberikan tips untuk pekerjaan satu ini.

Setelahnya, tentu saja office boy juga harus membersihkan sisa sisa makanan yang ditinggalkan oleh para karyawan. Selain mengambil perlengkapan dapur seperti misalnya piring dan gelas, sampah yang berserakan juga harus ikut dibersihkan. Office boy juga bertugas mencuci dan membersihkannya,

2. Tugas Mingguan/ Bulanan Office Boy

Selain tugas rutin di atas, ada juga tugas mingguan atau bulanan yang wajib dikerjakan oleh office boy. Akan tetapi hal ini biasanya tergantung pada kebijakan perusahaan. Salah satunya adalah membersihkan ruangan keseluruhan. Jadi dijadwalkan untuk membersihkan total seluruh ruangan kantor pada saat menjelang libur.

Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa perusahaan yang membebankan tugas perawatan taman kantor pada office boy. Dari mulai melakukan penyiraman dan perawatan semuanya dihandle oleh office boy. Tapi ada juga perusahaan yang lebih memilih mengambil jasa perawatan taman dari luar untuk hasil maksimal.

3. Tugas Insidental atau Tugas Tambahan

Selain kedua jenis tugas di atas, ada jenis tugas lain yang juga wajib dikerjakan oleh Office Boy. Tugas tersebut disebut sebagai tugas insidental. Salah satu yang paling sering adalah momen dimana office boy harus menyiapkan sajian untuk tamu perusahaan. 

Ada juga momen seperti misalkan pada saat rapat. Biasanya office boy akan sibuk menyiapkan berbagai perangkat penting seperti misalnya microfon, proyektor dan berbagai peralatan penting lainnya. Tidak lupa juga untuk menyiapkan berbagai keperluan konsumsi para pegawai yang terlibat di dalamnya. 

Selain itu, Office Boy seringkali diberikan pekerjaan secara langsung oleh para karyawan atau bagian GA yang menjadi atasan langsungnya. Jadi pekerjaan office boy itu tidak selalu berkaitan dengan hal hal yang sifatnya melayani pegawai. Seringkali seorang office boy mendapatkan promosi jabatan jika terbukti memiliki skill dan performa yang bagus selama bekerja.

D. Tanggung Jawab Office Boy

Berdasarkan tugas tugas yang sudah kita paparkan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau Office Boy memiliki tanggung jawab seperti di bawah ini :

1. Memastikan semua kebutuhan teknis karyawan di kantor terpenuhi dengan baik
2. Memastikan kebersihan perangkat dan ruang kerja karyawan
3. Memastikan kebersihan lingkungan perusahaan 
4. Memastikan tugas yang dibebankan terlaksana dengan baik

E. Kualifikasi Office Boy

Untuk menjadi seorang office boy, kualifikasi yang diminta tidak terlalu tinggi. Biasanya dibutuhkan sosok yang memiliki mental kuat, dan bisa konsisten dalam melakukan pekerjaannya. Dari segi pendidikan, biasanya perusahaan mematok minimum ijazah SMA. 

Office boy yang berpengalaman lebih disukai oleh perusahaan, terlebih jika bidang kerja perusahaan sebelumnya juga sama. Menjadi office boy tidak selalu melakukan pekerjaan "bawah". Tapi seringkali diminta membantu para staff untuk membereskan pekerjaannya.  Karenanya office boy dengan skill yang baik memiliki peluang untuk dipromosikan jabatannya.

F. Jam Kerja Office Boy 

Secara umum, Office boy ini memiliki jam kerja normal dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Hanya saja karena pekerjaannya yang begitu penting, seringkali jam kerja seorang Office Boy menjadi fleksibel. Mereka dituntut untuk datang lebih pagi dibanding staff dan pulang paling akhir. Mayoritas perusahaan tidak memberikan gaji lembur untuk Office Boy. Hanya saja peluang untuk mendapatkan tips harian di posisi satu ini sangatlah besar.

G. Estimasi Gaji Office Boy

Untuk saat ini Office Boy biasanya memiliki gaji sesuai dengan UMK di wilayahnya masing-masing. Office boy juga berhak mendapatkan tunjangan berupa BPJS dan makan. 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Jobdesk, Tugas dan Tanggung Jawab Office Boy pada artikel kali ini. Jika ada yang salah dan perlu diperbaiki, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat
Salam Sukses!

Baca juga

Post a Comment

(Contoh) Slot Iklan