Jobdesk Accounting & Tax Consultant Supervisor, Tugas Dan Tanggung Jawab

Jobdesk Accounting & Tax Consultant Supervisor, Tugas Dan Tanggung Jawab

A. Sekilas Tentang Accounting & Tax Consultant Supervisor

Dalam mengembangkan perusahaan, perencanaan dan laporan keuangan yang baik akan sangat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan memperbaiki prosedur kerjanya. Dalam hal ini, bagian yang berkaitan erat adalah bagian Akunting dan Pajak. Tak Jarang perusahaan mendatangkan jasa konsultan akuntansi sebagai salah satu metode untuk meraih perbaikan prosedur kerja tersebut dalam tempo yang lebih singkat. 

Di dalam konsultan akuntansi, ada hirarki yang jelas, sama seperti jika anda berada di perusahaan yang menggunakan jasa konsultan akuntansi. Salah satu posisi yang memegang peranan penting dalam perusahaan konsultan akuntansi adalah Accounting & Tax Supervisor. Posisi ini merupakan salah satu posisi krusial yang tidak bisa disepelekan peranannya. Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda sedikit paparan mengenai apa saja jobdesk, tugas dan tanggung jawab dari posisi ini.

B. Tugas Accounting & Tax Consultant Supervisor

Dalam kesehariannya, seorang accounting & tax Supervisor memiliki peranan yang cukup berpengaruh terhadap kinerja akunting di dalam perusahaan. Selain melakukan supervisi terhadap para karyawan. Seorang Supervisor akunting dan pajak dari konsultan seperti ini juga harus memastikan kalau laporan akunting dan pajak perusahaan bisa terlaksana dengan baik dan tanpa kesalahan. Jika dijabarkan, tugas dan tanggung jawab dari posisi ini adalah sebagai berikut ;

1. Melakukan supervisi atas segala tugas yang berkaitan dengan akunting dan pajak

Hal pertama yang menjadi tugas seorang accounting & tax supervisor adalah melakukan supervisi kepada para bawahannya atas segala tugas yang berkaitan dengan pajak pajak perusahaan dan laporannya. Tidak hanya itu, jabatan ini juga bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja para staff pajak serta staff akuntansi dalam melakukan pekerjaannya agar menghasilkan sebuah laporan keuangan serta laporan pajak yang akurat tepat dan tanpa kesalahan sehingga memuaskan klien yang menyewa konsultan.

2. Melakukan pelatihan kepada pada staff akunting perusahaan 

Tugas kedua dari seorang supervisor konsultan pajak dan akunting adalah memastikan kalau para staff yang ada di bawah supervisinya mendapatkan mentoring dan pelatihan yang baik agar bisa melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi kedepannya.

3. Melakukan pengawasan atas segala hal yang berkaitan dengan pajak dan akunting

Setelah memastikan kedua tugas di atas bisa terlaksana dengan baik, seorang accounting & tax consultant supervisor memiliki peranan penting dalam mengecek validitas laporan akuntansi dan laporan pajak yang dia dapatkan dari para staff. Perlu dilakukan pengecekan ulang dengan hati hati sebelum diberikan kembali kepada management dan klien. Terlebih jika terdapat kesalahan, dilakukan rekonsiliasi ulang dan dilakukan review atas kinerja orang yang melakukan kesalahan tersebut.

4. Melakukan persiapan penghitungan pajak penghasilan

Tugas lain yang juga harus dilakukan oleh seorang supervisor pajak dan akunting di sebuah perusahaan konsultan akuntansi adalah melakukan pembuatan laporan pajak penghasilan perusahaan dan memastikan kalau data data yang di olah sudah benar benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

5. Melakukan audit pajak

Terakhir, seorang supervisor akunting dan pajak dari perusahaan konsultan akuntansi juga memiliki tugas untuk melakukan audit pajak dan memastikan kalau laporan pajak yang dia buat benar benar laporan yang bagus dan tidak mengandung unsur kesalahan sedikitpun.

C. Tanggung Jawab Accounting & Tax Consultant Supervisor

Dari tugas tugasnya di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa tugas dari seorang supervisor pajak dan akunting dari perusahaan konsultan akuntansi adalah sebagai berikut ;

1. Memastikan terlaksananya supervisi atas segala tugas yang berkaitan dengan akunting dan pajak
2. Memastikan pelatihan kepada pada staff akunting perusahaan terlaksana dengan baik.
3. Memastikan pengawasan atas segala hal yang berkaitan dengan pajak dan akunting terlaksana dengan baik.
4. Memastikan proses persiapan dan penghitungan pajak penghasilan dengan baik.
5. Memastikan proses audit pajak terlaksana dengan baik

D. Kualifikasi Accounting & Tax Consultant Supervisor

Agar bisa melakukan pekerjaannya secara maksimal, seorang accounting & tax consultan supervisor biasanya diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut ;

1. Memiliki background pendidikan S1 akuntansi dari Universitas yang kredibel.
2. Memiliki pemahaman akuntansi dan perpajakan yang baik.
3. Berpengalaman di bidang yang sama atau bidang yang relevan minimal 3 tahun.
4. Memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi akuntansi dan perpajakan.
5. Memiliki kemampuan untuk memimpin.
6. Bersedia bekerja di bawah tekanan dan berorientasi pada hasil.
7. Memiliki daya analisa yang kuat dan berdedikasi tinggi.
8. Kritis dan mampu menyelesaikan masalah / mengambil keputusan.
9. Memiliki sertifikat penunjang lainnya akan lebih dipertimbangkan.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja yang berkaitan dengan jobdesk, tugas dan tanggung jawab dari posisi accounting & tax consultant supervisor. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan di share. Jika terdapat kesalahan atau kekurangan silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

Baca juga

Post a Comment

(Contoh) Slot Iklan